Selasa, 05 Desember 2017

Pentingnya Cantolan untuk Penyelam

Pentingnya Cantolan untuk Penyelam


Pernah pengalaman kehilangan pointer atau kamera saat menyelam karena tidak dikait ke bcd atau tangan? Atau lihat teman nangis bombay kehilangan Go-Pronya hilang karena terlepas saat kena arus..lupa diikat ke tangan?  

Naah kebayang kaan, itu pentingnya pernak pernik selam kita amankan dengan diikat dan dicantolin ke tangan atau bcd.

Ada bermacam model cantolan atau pengait atau snap-hook yang umum dipakai penyelam. Biasanya cantolan tersebut digunakan untuk mengaitkan asesoris selam ke bcd. Memangnya kenapa mesti dicantol ke bcd? Ya macam-macam alasannya:

- supaya kedua tangan kita jadi bebas tidak perlu banyak pegang macam-macam
- supaya alat milik kita jadi aman terkait sesuatu, sehingga kalau terlepas dari tangan tidak langsung lepas melayang terbawa arus atau tenggelam

Nah, berhubung banyak modelnya, seringkali pusing juga orang yang bertanya dan orang yang ditanya apa nama barangnya. Apalagi kalau cari di toko, cuma bilang pengait, bisa-bisa malah dikasih gantung jemuran :-D. Akhirnya yang kesebut seringkali cuma ..."pengait yang itu", ampun deh.

Nah, untuk meminimalkan kebingungan tersebut, ini ada beberapa contoh gambar dan nama barangnya menurut pabrik.


Snap Hook, Cantolan, Pengait. Bubblemakerscuba.com
Macam-macam pengait/hook

Straight hook biasa dipakai juga sama pekerja yang membersihkan kaca gedung, mungkin karena murah meriah :-). Carabiner hook dan Spring Snap Hook ada juga penyelam yang pakai, untuk cantolan pointernya atau kamera. Boleh juga pake yang ada Lock-nya, tapi agak ribet untuk buka tutupnya. Bagi penyelam tidak sepenting itu deh, untuk di-lock seperti mereka mereka yang suka manjat tebing.


Snap Hook, Cantolan, Pengait. Bubblemakerscuba.com
Naah, ada lagi nih yang lebih umum dipakai. Bolt snap kayaknya paling umum dipakai, entah untuk pointer, kamera, malah ada juga yang pakai untuk kaitan kompas yang dipegang. Kalau Double-End-Snap paling sering keliatan dipakai untuk pengait tali sosis (sausage, atau DSMB=Delayed Surface Marker Buoy) ke bagian pelampungnya. Untuk yang ukuran besar, kadang untuk pengait dari bcd ke tangki technical-diver. Sementara kalo yang swivel-eye-snap sama kayak bolt-snap umumnya dipakai untuk hal yang sama.

Itu secara umum. Pada prakteknya terserah kalian mau pakai yang mana. Untuk ukuran, pilih yang praktis, ukuran panjang sekitar 7-10 cm sudah lebih dari cukup. Kalau terlalu besar atau terlalu kecil malah seringkali tidak nyaman. Pilih-pilih kaitan yang cocok buat kalian di sini ya.

www.bubblemakers.id






Tidak ada komentar:

Posting Komentar